Sunday, May 1, 2011

House Dance


History
House dance a.k.a housing adalah salah satu style street dance yang ditarikan terhadap house music. Akar Housing tumbuh di Chicago karena house music pun bermula dari situ. Berkembang sekitar pertengahan tahun 80an hingga awal 90an.Lalu style ini juga mengalami perkembangan yang pesat di club-club New York.

Disebut house dance kemungkinan dikarenakan dance ini ditarikan di dalam ruangan yaitu di club. Berbeda seperti breaking yang memang banyak dilakukan di tempat terbuka. Ciri khas utama gerakan yang berorientasi di kaki yang kerumitannya berbanding dengan beat lagu. Selain itu house dance juga berfokus pada torso yang bergerak mengalir. 

Elemen Housing
Housing terdiri dari beberapa elemen fondasi yaitu Footwork, Jacking dan Lofting. Elemen jacking dan footwork berkembang di Chicago,sedangkan lofting berkembang di NYC. Berikut penjelasan masing-masing elemen

Footwork
Tak lain dan tak bukan adalah gerakan yang mengutamakan gerakan kaki. Bukan seperti yang terdapat di line dancing bukan juga seperti top rocknya breaking, tapi sedikit lebih kompleks. Klo dilihat sepintas seperti tapping, tapi lebih jumpy. Faktor footwork di sini yang penting adalah sejauh mana bisa menepati irama. Makin on beat makin WOWWWW. Berikut contoh videonya dari the master of Footwork, Brian Green



Lofting
Walau gerakan lofting terlihat seperti gerakan breaking, lofting bukanlah turunan dari hiphop. Lofting itu sebutannya floorwork untuk housing. Lofting mengutamakan grace dan kendali dalam pembawaannya –saya sedikit menghindari penggunaan kata anggun karena takutnya memberi kesan feminin-. Jauh dari kesan ledakan power yang ditonjolkan oleh breaking. Tapi kedua elemen tersebut sama-sama dipengaruhi oleh capoiera. Jadi gampangnya seh lofting itu lebih slow pacenya di banding breaking. Berikut contoh videonya:


Jacking
Dari inilah kita bisa mengidentifikasikan seseorang sedang melakukan housing. Fokus gerakan ini ada pada torso dengan alur bergelombang dari bawah ke atas dan sebaliknya. Ritme nya mengikuti tempo lagu, jadi makin cepat beat lagu jackingnya juga makin cepet.

Sebenernya gerakan ini terlihat sangat gampang, tapi jangan salah. Bagi banyak orang, perlu waktu lama sampai badan memahami gerakan ini. Karena di sini bukan soal teknis aja, tapi feelnya juga harus terlihat. Sulit…sulit sekali dijelaskan.

Coba deh gerakannya terus bandingkan sama video di bawah, kalau kamu bisa langsung bergerak sama asiknya kayak yg di video, maka saran saya coba dalami housing. U’re gonna enjoy it. Si Jardy ini bikin video tutorial loh. Recommended untuk dipelajari bagi yg ingin mendalami


Sebenarnya tampaknya masih banyak lagi elemen-elemen dasar Housing seperti Stomping dan Skating. Tapi karena keterbatasan referensi , artikelnya sampai sini dulu. Kalau ada perkembangan informasi akan saya tambahkan di kemudian hari.

Tokoh-tokoh Housing
Jacking : Shannon “Which Way” Selby , Tone McGregor, Brian Footwork Green (this man here is soo dopeee)
Footwork : Shan S, Caleaf Sellers, Brian “Footwork” Green , Brooklyn Terry , Kahim , Frankie
Lofting : Conrad Rochester, Ejoe Wilson, “Quick”
Crew housing : New Dance Fusion, GBA, Soul Sector, Flowology, Otrip, Wanted, Alma, Roots, Next Generation, Vissi, dan THDP. Kru tersebut belum sempat saya lihat-lihat. Paling baru Alma aja liat beberapa videonya.

Di Indonesia masih jarang loh house dancer. Bagi yang suka sama housing silahkan berdiskusi, tukar ilmu dengan saya. Saya seh baru belajar juga, malah sebenernya saya minta diajari. Segala masukan, kritikan dan saran yang relevan dan membangun akan saya terima dengan sangat senang hati. Karena saya sadar dengan sepenuhnya artikel ini masih jauh dari informatif.

Berikut saya kasih beberapa video batu loncatan untuk browsing House dance :


Sumber :
http://www.thehousedanceproject.com
http://housedancer.com/
http://en.wikipedia.org/wiki/House_dance

2 comments:

Lintang said...

Hei!!Wah referensi kamu tentang House udah ok lho!and knowledge juga udah bener!!Good job!,buat yg pgn sharing tentang house keep contact aja sama kta and tgl 6agustus ini kta ada house workshop sama jardy santiago (yg ksi tutorial jacking diatas) peaz!! =) Lintang A.K.A WonderStar (FullHouse crew,Jakarta)

olip said...

waaa pengen banget. Lintang emang house dancer ya?waaa jadi iri T^T

Post a Comment